WEB BLOG
this site the web

MAKANAN ALAMI

BAWANG PUTIH ..

Kalau bicara soal bawang, mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah bau mulut yang gak enak banget. Kebanyakan dari kita tahu bahwa mengkonsumsi bawang akan bikin nafas mulut kita menjadi bau. Ada juga yang berfikir bahwa bawang bisa bikin orang yang mengupasnya mengeluarkan air mata. Tapi tahu gak, kalau ternyata bawang menyimpan begitu banyak khasiat di dalamnya ??
Bawang putih memiliki nama latin allium sativum. Sejak 3000 tahun SM, pujangga Cina telah melakukan percobaan dan pengujian terhadap khasiat bawang putih tersebut. Selain itu, tulisan mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia pun menjadikan bawang putih sebagai “ganti antibiotik” yang dikenal sebagai “Penisilin Rusia”. Yup !! Emang udah kebukti khasiat bawang putih pada zaman dahulu. Mulai dari khasiatnya untuk menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia hingga mengatasi penyakit-penyakit seperti hipertensi, stoke, jantung koroner, diabetes, bahkan kanker.
Sebenarnya, apa sih yang dikandung oleh bawang putih sehingga dia bisa memiliki khasiat seperti ini ? Senyawa yang ada dalam kandungan bawang putih disebut sebagai aliin. Ketika bawang putih dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan dari enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin,ammonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Sedangkan senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gelaja diabetes dan mengurangi tekanan darah.
And the good news is ..zaman yang semakin modern ini gak memaksa kita untuk makan bawang putih mentah-mentah buat dapetin khasiatnya. Ilmu pengetahuan di bidang farmasi telah mampu memindahkan khasiat bawang putih kedalam bentuk kapsul. Proses pembuatannya pun lebih terjamin tanpa mengurangi sedikitpun kandungan-kandungan bawang putih tersebut. Produk ini disebut dengan produk herbal karena terbuat dari 100% bawang putih murni pilihan.
So,, ngga ada salahnya mencoba khasiat-khaiat bawang putih ini kan ??? .

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies